Gandeng PSHT, TNI-Polri Gotong Royong Bersihkan Lumpur di Lokasi Banjir

0
40

JEMBER, BP – Guna mempercepat pemulihan pasca bencana yang melanda perumahan Bumi Mangli Permai yang terjadi pada Minggu (8/1/2022) lalu, Sat Samapta Polres Jember bersama dengan TNI dari Yonif 515 Tanggul menggandeng perguruan Silat PSHT Jember untuk terlibat dalam membersihkan lumpur yang masih memenuhi sejumlah jalan di perumahan tersebut.

Selain melibatkan ratusan anggota PSHT untuk membersihkan lumpur dan membantu warga yang membersihkan rumahnya, keterlibatan TNI dan Polri juga menunjukkan kebersamaan dengan gotong royong membersihkan sisa-sisa banjir yang masih berserakan di sekitar rumah warga.

“Kami sejak malam kejadian sudah berada di lokasi banjir membantu warga mengevakuasi barang-barangnya, dan hari ini bersama teman-teman dari TNI dan dibantu dari PSHT, kami membersihkan lumpur yang ada di jalanan, agar mobilitas warga dan relawan tidak terganggu dengan adanya debu yang ditimbulkan dari lumpur yang sudah mengering,” ujar Kasat Samapta Polres Jember AKP. Eko Basuki TA.

Kasat Samapta menambahkan, sejatinya pihaknya akan mengerahkan kendaraan water canon dengan menyemprot debu dan lumpur di jalan perumahan, namun karena gerbang perumahan terlalu pendek, kendaraan tersebut tidak bisa masuk ke dalam perumahan, sehingga pihaknya melakukan koordinasi dengan Damkar Jember untuk melakukan penyemprotan.

“Sebenarnya kami hendak mengerahkan kendaraan water canon untuk menyemprot debu dan lumpur yang ada di jalan perumahan, karena kalau tidak disemprot, debunya bisa mengganggu kesehatan dan mata relawan dan juga warga, namun hal ini tidak bisa kami lakukan karena gerbang perumahan tidak muat dilewati,” pungkas Kasat Samapta. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here