Wujudkan Desa ‘BERSINAR’ Pemdes Parijatah Wetan Sinergi dengan LAN

0
159

BANYUWANGI, BP – Untuk memerangi narkoba agar tidak menjangkiti warganya, Pemerintah Desa Parijatah Wetan Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi, bersinergi dengan bekerjasama dengan Lembaga Anti Narkoba (LAN) DPC Banyuwangi dengan menggelar sosialisasi bahaya penggunaan Narkoba di Balai Desa pada Rabu (8/9/2021).

Hj. Istiqomah selaku kepala desa Parijatah Wetan, dalam kesempatan tersebut mengatakan kegiatan sosialisasi dengan menggangdeng LAN, sebagai wujud untuk menjadikan desa Parijatah Wetan menjadi desa yang Bersih dari Narkoba (Bersinar).

Terlebih bahaya dari penyalahgunaan narkoba tidak hanya berdampak pada penggunanya, namun juga orang lain. “Kami sengaja mengundang warga dan para pemuda di desa kami untuk mengikuti sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba, hal ini sebagai upaya kami dalam pencegahan peredaran narkoba di desa kami, sehingga desa kami bisa menjadi desa yang Berinar (Bersih dari Narkoba),” ujar Hj. Istiqomah.

Hj. Istiqomah juga menyampaikan, bahwa benteng utama dalam pencegahan penyalah gunaan narkoba, adalah orang tua kemudian pendidik dan juga lingkungan sekitarnya.

“Orang tua sebagai guru dan pembimbing anak anaknya sengaja kita undang biar tumbuh rasa tanggung jawabnya untuk melindungi anaknya dari bahaya narkoba begitupun anak anaknya. menginggat dampak rusak dari penyalahgunaan narkoba,” bebernya.

Sementara Hermin dari LAN DPC Banyuwangi yang menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan, bahwa pihaknya akan terus melakukan perang terhadap penyalah gunaan narkoba dengan melakukan sosialisasi ke desa-desa.

Karena saat ini, peredaran narkoba tidak hanya didominasi di kawasan perkotaan, namun sudah merambah ke pinggiran.

“Sudah ada 32 desa yang bekerjasama dengan kami dalam sosialisasi penyalahgunaan bahaya narkoba, sosialisasi ini kami lakukan, karena peredaran narkoba saat ini sudah merambah di desa-desa, hal ini dikarenakan tidak sedikit orang tua yang sibuk dengan pekerjaanya lalau dalam melakukan pengawasan terhadap anaknya, oleh karenanya orang tua adalah benteng utama dalam membentengi anak-anaknya terjangkit narkoba,” pungkas Hermin. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here