Songsong New Normal, Panti Asuhan di Banyuwangi Menjadi Sasaran PMI Sosialisasikan PHBS

0
154
PMI Panti
Petugas PMI Banyuwangi saat membagikan paket PHBS Kit kepada warga Panti Asuhan

BANYUWANGI, BP – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi melakukan upaya pencegahan dan penyebaran covid -19 ke berbagai segmentasi masyarakat. Setelah Pondok Pesantren se Banyuwangi yang menjadi perhatian dalam pelayanan PMI, saat ini Panti Asuhan (PA) yang menjadi sasaran dan tujuan sosialisasi, spraying dan distribusi bantuan.

“Panti Asuhan merupakan kelompok yang perlu mendapat perhatian terhadap pencegahan Covid-19, untuk itu PMI memberi perhatian khusus dalam upaya pencegahan penyebaran di kelompok Panti Asuhan,” ujar Kepala Markas PMI Kabupaten Banyuwangi Drs. Sutiyono,  Kamis (16/7/2020) dalam kegiatan di PA Syamsul Huda Bulusan.

Sutiyono menambahkan, selain PA Syamsul Huda di Bulusan, pada saat bersamaan juga dilakukan di 5 PA lainnya, yakni di PA Lentera Hati Sumberagung,  PA NU Al Islam Sumbermulyo, PA Muhammadiyah Buluagung, dan PA Khatidjah Tukangkayu.

Menurut Sutiyono,  relawan PMI Banyuwangi di 3 Panti Asuhan itu menggelar kegiatan yang meliputi  edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sosialisasi persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal),  praktek langkah cuci tangan yang benar, penyemprotan disinfectan dan distribusi bantuan PHBS Kit.

Selain itu melakukan sosialisasi PHBS dan menyongsong kehidupan New Normal, dalam kegiatan ini PMI juga memberikan paket PHBS kit atau paket kebersihan dan Biscuit kepada peserta sosialisasi di 5 Panti Asuhan yang dikunjungi.

Sutiyoni berharap, pemberian paket kebersihan ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada anak-anak dan pengasuh dilokasi panti asuhan tersebut dan juga adanya perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.

 “Karena salah satu langkah antisipasi yang baik untuk mencegah COVID-19 adalah dengan menerapkan PHBS juga dengan rajin mencuci tangan, tidak hanya untuk orang dewasa saja, tetapi juga untuk anak-anak, usia muda, dan dewasa,” tambah Sutiyono.

Ketua Panti Asuhan Syamsul Huda H. Anshori menyambut baik dengan diadakannya kegiatan yang dilakukan PMI dilokasinya tersebut. Dikatakannya saat ini ada sekitar 40  anak yatim dan piatu putra dan putri yang menjadi asuhannya.

Diakuinya, di panti asuhan tersebut mesti saat ini sudah diberlakukan protokol kesehatan, pihaknya sangat berharap kegiatan penyuluhan seperti ini bisa rutin dan berkesinambungan kedepannya.

Pihaknya atas nama pengurus panti mengucapkan terimakasih kepada PMI dan berbagai dukungan yang sudah dilakukan saat ini dalam pencegahan covid -19 di Kabupaten Banyuwangi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here