Sinkronkan Data Penerima, Bansos di Jember Tidak Lagi Lewat Kades

0
326

JEMBER, BP – Bupati Jember H. Hendy Siswanto bersama dengan Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman memimpin rapat koordinasi untuk menyinkronkan data penerima Bansos di Kabupaten Jember.

Menurut Bupati, data penerima bansos yang ada saat ini, masih diperlukan klarifikasi validasinya oleh petugas. “Bansos ini yang bertanggung jawab adalah saya, tentunya semua masalah akan kembali kepada saya selaku Bupati, jadi harus hati-hati soal data penerima bansos ini,” ujar Bupati.

Bupati tidak ingin adanya kesalahan data penerima dan ada yang lapor, Pemkab Jember dalam hal ini dirinya yang terkena getahnya, oleh karena itu pihaknya tidak akan lagi melalui kepala desa dalam pendistribusian bansos kepada masyarakat.

 “Pendistibusian data bansos nanti, tidak lagi melalui kepala desa, apalagi saat ini ada 59 desa yang akan menggelar pilkades, tentu sangat rawan dimanfaatkan untuk dijadikan alat pemenangan,” ujarnya.

Untuk pemutakhiran data, Bupati menyatakan ada dua dinas yang akan menjadi koordinator dari penyaluran bansos, yakni Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

 “Untuk pendistribusian, saya mengusulkan untuk tenaga distribusinya itu adalah babinsa dan bhabinkamtibmas berkolaborasi dengan RT RW, dan penerima itu harus  tanda tangan serta di dokumentasikan,” pungkasnya. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here