Seluruh Kades Hadiri Muskab Askab, Warga di Desa Sumberagung Justru Gelar Demo

0
168
Konsentrasi warga Dusun Pancer di sekitar wilayah Gunung Salakan

BANYUWANGI, BP – Masyarakat Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, khususnya warga Dusun Pancer berkumpul di area tambak diwilayahnya untuk kembali menghadang dan menghentikan kegiatan penelitian di Gunung Salakan pada Rabu (8/1/20).

Warga masyarakat Desa Sumberagung yang didominasi emak-emak mulai terlihat berkumpul sejak pagi dan bermaksud menurunkan para peneliti yang mengaku merupakan mahasiswa dari salahsatu universitas di Jakarta yang sedang melakukan penelitian di Gunung Salakan.

Untuk kesekian kalinya warga melakukan protes adanya kegiatan penelitian di Gunung Salakan yang dicurigai warga juga akan dieksploitasi untuk areal tambang perluasan dari pertambangan yang ada di Gunung Tumpang Pitu saat ini.

“Kita curiga para peneliti yang mengaku mahasiswa dari Jakarta itu ditunggangi oleh karyawan perusahaan tambang emas Gunung Tumpang Pitu, kegiatan penelitian itu hanya kamuflase saja yang ujung-ujungnya nanti Gunung Salakan juga akan dieksploitasi oleh mereka,” ujar salah satu warga yang enggan disebutkan namanya kepada awak media.

Puluhan aparat keamanan dari Brimob Polda Jatim yang berjaga dilokasi yang sempat terlihat mendirikan tenda langsung diminta oleh warga untuk membongkarnya namun mendapatkan penolakan dengan alasan anggota belum ada perintah dari pimpinan.

Sekitar pukul 11:30 WIB, puluhan peneliti yang sudah melakukan aktivitas di Gunung Salakan berhasil diturunkan warga dari lokasi kegiatan penelitiannya di Gunung smSalakan.

Guna menghindari terjadinya ketegangan dengan warga, puluhan peneliti itu akhirnya diamankan masuk kedalam bus oleh aparat keamanan.

Sedangkan demi melihat permintaan pembongkaran tenda milik aparat keamanan ditolak, maka warga kemudian ikut melakukan hal yang sama dengan cara mendirikan tenda tenda disekitar tenda milik aparat tersebut.

Sayangnya dalam aksi warga kali ini tidak terlihat Vivin Agustin selaku Kepala Desa Sumberagung karena memang berbarengan dengan adanya acara Musyawarah Kabupaten Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Banyuwangi (MUSKAB-ASKAB) yang diselenggarakan di salah satu hotel di wilayah Kecamatan Kabat. Dan Vivin Agustin diketahui hadir dalam acara tersebut. (Har)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here