Satgas Covid-19 Lakukan Tracking Door to Door Klaster Sekolah di Tanggul

0
468

JEMBER, BP – Setelah ditemukannya Klaster penyebaran covid-19 di Kecamatan Tanggul yaitu di SMK Negeri 6 Jember, tercatat ada 18 guru terkonfirmasi positif tes swab PCR, 7 diantaranya adalah warga Desa Tanggul Kulon, hal tersebut menjadikan Kecamatan Tanggul zona merah penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Jember.

Untuk itu petugas gabungan dari Pemdes Tanggul Kulon bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember UPT Puskesmas Tanggul, Babinkamtibmas, Babinsa Ketua RT/RW dan Relawan PPKM mikro desa melakukan penyemprotan Disinfektan di sejumlah tempat fasilitas umum yang ada diwilayah desa setempat. Selasa, (15/06/2021).

Petugas menyisir ke fasilitas umum seperti, Masjid, Musala, pemukiman penduduk serta mengajak masyarakat Desa Tanggul Kulon untuk bersama memerangi covid-19. Menurut Bidan Desa Tanggul Kulon, Revina Endinata, membenarkan saat ini di wilayah binaannya terdapat 7 warga yang terpapar virus Covid-19, untuk itu pihaknya bersama pemdes bergerak cepat menanggulangi penyebaran covid-19.

“Terdapat Tujuh warga Desa Tanggul Kulon yang hasil swab PCR nya terkonfirmasi positif covid-19, untuk itu hari ini kami bersama pemdes dan lintas sektor di Kecamatan Tanggul menyemprotkan cairan disinfektan dan membagikan masker guna menekan penyebaran virus covid-19,” kata Revina saat dikonfirmasi.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta masyarakat mewaspadai potensi penularan covid-19 di lingkungan, serta selalu menegakkan protokol kesehatan. Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mengucilkan warga yang terpapar virus covid-19 ini.

“Saat ini kita masih berada pada masa pandemi covid-19. Kami tekankan, covid-19 bukanlah aib, untuk itu diperlukan dukungan semua lapisan masyarakat kepada mereka yang terpapar covid-19 agar segera sehat seperti sediakala,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PPKM Desa Tanggul Kulon Abdul Rofik mengatakan, sejak diberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro, Pemerintah Desa Tanggul Kulon Kecamatan Tanggul aktif melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan dan penyebaran covid-19. 

Salah satunya melakukan sosialisasi pentingnya prokes door to door ke rumah warga, hal ini bertujuan agar warga Desa Tanggul Kulon terus patuhi protokol kesehatan, hal tersebut dilakukan dengan bersinergi dengan unsur-unsur terkait.

“Bersama bidan desa, Babinktibmas, Babinsa kami pemerintah desa tak henti-hentinya mengingatkan kepada warga bahwa virus covid -19 ini masih menjadi ancaman buat kita semua untuk itu kita tidak boleh lengah,”

Rofiq juga menghimbau kepada warga yang terkonfirmasi positif Swab PCR oleh UPT Puskesmas Tanggul untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.  “Melalui program PPKM, pemerintah desa siap membantu warga selama menjalankan isolasi mandiri di rumah. Untuk itu, kami mengajak patuhi prosedur-prosedur dari yang telah ditetapkan. Kami mengimbau untuk tetap selalu mematuhi 5M dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan juga menghindari kerumunan agar terhindar dari COVID-19. Semoga pandemi ini segera berlalu,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here