Resmikan Wisata Alam, Bupati Anas Apresiasi Kreatifitas Pemuda Desa Temuguruh

0
276
Ir Hari Cahyo Purnomo MSi Kadis Perikanan Kabupaten Bwi dan Asmuni SP. Kades Temuguruh Kec Sempu Kabupaten Bwi

BANYUWANGI, BP – Upaya memajukan kabupaten Banyuwangi dalam 10 tahun terakhir oleh Bupati Abdullah Azwar Anas terutama di sektor wisata, terus diikuti oleh jajaran dibawahnya dan masyarakat Kabupaten Banyuwangi.

Bahkan bupati dua periode di Kabupaten yang mendapat julukan Sun Rise Of Java ini, tidak segan turun langsung ke desa-desa untuk melihat langsung perkembangan dan pemerataan pemabgunan, budaya dan pariwisata di wilayahnya

Seperti saat melakukan kunjungan ke Desa Temuguruh Kecamatan Sempu Banyuwangi pada Selasa (24/11/2020), Bupati Anas meresmikan obyek wisata alam tepi sungai yang diberi nama “New RTH Kampung Klatak”, wisata alam ini merupakan inisiasi dari pemuda desa setempat yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Temuguruh.

“Apa yang sudah dilakukan oleh karang taruna desa Temuguruh ini, patut untuk diapresiasi, karena pandai menangkap peluang dan sumberdaya alam yang ada disekitarnya, dan tempat wisata alam seperti ini, akan semakin menarik pengunjung untuk bisa menikmatinya, jika di kanan kirinya nanti diberikan tempat untuk istirahat semacam Gazebo atau tenda-tenda untuk UMKM yang menjual produk warga sekitar, sehingga bisa mengangkat perekonomian warga lokal,” ujar Bupati Anas dalam sambutannya.

Anas juga menilai, tempat wisata yang dikelola oleh karang taruna desa Temuguruh, tidak membutuhkan tempat yang luas, namun cukup asri, karena yang terpenting dalam menjadikan alam sebatai tempat wisata, adalah azas kemanfaatan itu sendiri bagi masyarkat.

“Yang penting tempat wisata itu memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat sekitarnya, percuma ada tempat wisata yang luas dan wah, namun tidak memberikan manfaat bagi warga sekitarnya,” ujar Anas.

Dalam kesempatan tersebut, Anas juga berpesan, agar masyarakat Banyuwangi tetap menjaga kerukunan dan kondusifitas lingkungannya, terlebih dalam waktu dekat ada momen Pilkada, jangan sampai beda dukungan menjadikan permusuhan diantara teman, tetangga maupun saudara.

“Sebentar lagi Pilkada Banyuwangi digelar, saya titip, agar masyarakat bisa menjaga kerukunan dan keamanan, jangan sampai ada permusuhan atau perpecahan hanya karena beda pilihan, utamakan kebersamaan, dan saya sendiri tinggal beberapa bulan lagi memimpin Banyuwangi, saya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya, dan mohon maaf jika ada kekurangan dalam memimpin Banyuwangi,” ujar Anas.

Selain meresmikan tempat wisata dalam kesempatan tersebut, Bupati Anas yang juga didampingi Kepala Dinas Perikanan Ir Hari Cahyo Purnomo Msi, juga memberikan bantuan 20 ribu benih lele dan Nila untuk dibudidayakan disungai pemancingan yang ada di wisata alam New RTH Dam Klatak untuk dimanfaatkan pengunjung wisata.

“Tolong benih ikan lele ini dirawat, dan mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk pengembangan wisata alam ini,” pesan Bupati Anas.

Asmuni SP Kades Temuguruh, dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Anas yang telah peduli akan wisata di desanya, sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar tempat wisata alam.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bupati yang telah meresmikan wisata alam di desa kami, mudah-mudahan bantuan ini memberikan manfaat dan barokah bagi masyarakat desa Temuguruh pada umumnya, dan kami juga mengusulkan kepada Bupati, agar di Kecamatan Sempu ini dibangun lembaga pendidikan negeri tingkat SLTA, baik SMA maupun SMK, dan desa kami siap ditempati lokasi pembangunannya, kami akan menyiapkan lahannya,” pungkas Kades Temuguruh. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here