Program Pamsimas Bantu Warga Desa di Kramat Sukoharjo Peroleh Air Bersih

0
211

JEMBER, BP – Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsismas) di Desa Kramatsukoharjo Kecamatan Tanggul sangat bermanfaat bagi masyarakat yang belum memiliki akses sarana air bersih dengan baik.
Program Pamsimas tersebut oleh pemerintah desa setempat diberi nama Banyu Biru. Ketua Kapespam Banyu Biru Yusuf MS mengungkapkan program Pamsimas ini adalah tahap ke III sejak tahun 2017 dan hingga kini mampu menyalurkan air bersih hingga 215 KK.

“Target kami 216 KK dapat dialiri air bersih dari program Pamsimas, sampai saat ini masih 215 karena terkendala alat, namun kami optimis dengan melihat derasnya air yang ada dapat mengaliri 400 KK lebih,” ungkapnya. Rabu, (29/01).
Yusuf juga mengatakan sumber pembangunan program Pamsimas ini dari beberapa unsur yaitu dana ADD, bantuan dari Bank Dunia hingga swadaya masyarakat setempat.

“Program ini mendapat dukungan penuh dari warga, hingga proses pembangunan Pamsimas dapat berjalan dengan baik. Misal warga bergotongroyong dalam penyediaan tenaga, makan minum pekerja hingga iuran dana,” katanya.
Ia menambahkan, untuk warga yang ingin mendapatkan bantuan air bersih dari program Pamsimas, warga cukup membeli paralon sendiri yang selanjutnya oleh pantia program pamsimas akan diberi alat pengukur meter air yang iurannya dibayar setiap bulan.

“Kami tidak membebani warga, kami persilahkan membeli paralon sendiri atau kami belikan. Alat meter air sendiri dipasang sejatinya untuk membatasi pemakain setiap KK, hasil uang iurannya pun kami simpan di bank dan pada akhir tahun kita bagikan kembali berupa sembako kepada warga,” terang Yusuf.
Sementara itu, Kades Kramatsukoharjo Dwi Siswanto mengatakan program Pamsimas ini merupakan wujud sinergitas nyata antara Pemdes, Pemkab, warga dan seluruh pihak untuk memajukan desa.

“Program Pamsimas ini sangat penting dan bermanfaat bagi warga kami, terimkasih kepada Pemkab Jember, warga dan semua pihak yang telah bergotongroyong membangun desa. Kami berpesan, mari gunakan air sebaik mungkin, rawat dan pelihara bersama agar dapat digunakan untuk anak cucu kita kelak,” tuturnya.
Reporter : Puji SN AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here