Peringati Hari Donor Darah se Dunia, KJI Bersama Dira Group dan PMI Jember Galang Donor Darah

0
99
donor darah
Kegiatan Donor darah yang digelar oleh KJI dan Dira Group

JEMBER, BP – Peringatan World Blood Day atau Hari Donor Internasional yang jatuh pada hari ini Minggu (14/6/2020), berbagai cara dilakukan oleh relawan donor darah dan berbagai instansi, tidak terkecuali dari Komunitas Jurnalis Independen (KJI) Jember bersama dengan Dira Group dan PMI Cabang Jember, gelar donor darah selama 3 hari di tiga tempat.

PMI menargetkan, di Hari Donor Darah Internasional ini, pihaknya menargetkan bisa mendapatkan 1000 kantong darah, oleh karenanya pihaknya sangat berterima kasih dengan Komunitas Jurnalis Independen (KJI) dan Dira Group yang memiliki inisiatif untuk menggalang acara donor darah, terlebih ditengah Pandemi Covid-19, untuk mencari pendonor mengalami penurunan.

“Saya sangat berterima kasih dengan teman-teman jurnalis terutama yang tergabung dalam KJI yang memiliki inisiatif menggelar donor darah, terlebih ditengah pandemi seperti saat ini, dimana mencari pendonor sedikit terhambat karena harus mematuhi protokol kesehatan, oleh karenanya kami sangat berterima kasih kepada rekan-rekan jurnalis yang telah membantu penyelenggaraan ini,” ujar Zaenal Marjuki SH ketua PMI Cabang Jember.

Menurut Zaenal, kebutuhan darah di PMI Cabang Jember setiap bulannya kisaran 3000 sampai 3500 kantong darah, yang mencakup 6 kabupaten di wilayah Tapal Kuda, karena PMI cabang Jember, merupakaan koordinator yang harus bisa menyiapkan kebutuhan darah.

“PMI cabang Jember ini ditunjuk sebagai koordinator PMI di 6 kabupaten di wilayah tapal kuda, sehingga kebutuhan darah kami setiap bulannya antara 3000-3500 kantong, ini kebutuhan rutin yang diperuntukkan untuk pasien operasi, tidak hanya saat pandemi saja,” bebernya.

Zaenal pun optimis 1000 kantong darah pada peringatan Hari Donor Darah Internasional ini bisa terpenuhi. “Harus optimis bisa terpenuhi, apalagi dari teman-teman KJI dan Dira Group ini ada 3 titik, yakni di Ambulu, Balung dan Kencong, ditambah lagi nanti dari Polres sekitar 300 kantong dan Bank Indonesia 500 kantong, Insya Alloh target 1000 kantong darah bisa terpenuhi,” Zaenal.

Sementara Dody Bayu Prasetyo selaku ketua Komunitas Jurnalis Independen (KJI) kepada sejumlah wartawan mengatakan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian insan jurnalis terhadap sesama, dimana dengan mendonorkan darah ini sudah turut membantu nyawa saudara yang membutuhkan.

“Setitik darah bisa membantu nyawa saudara kita, oleh karenanya, kami mengajak relawan lainnya untuk ikut gabung karena kami tidak membatasi jumlah pendonor, apalagi kegiatan ini digelar selama tiga hari sampai selasa besok, di Dira Group” pungkas Dody. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here