Peduli Disabilitas, Sibat Mojopanggung dan PMI Banyuwangi Gelar Bakti Sosial

0
39
PMI

BANYUWANGI, BP – Menjelang diterapkannya Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal), Sibat Mojopanggung dan PMI kab. Banyuwangi peduli kepada Disabilitas. Minggu, (27/6/2020) disaat yang lain berkumpul bersama keluarga, tidak demikian dengan Tim SIBAT Mojopanggung dan para relawan PMI Banyuwangi. Mereka dengan semangat berkumpul di Balai Kelurahan Mojopanggung akan melaksanakan Promosi kesehatan yang rutin dilakukan seminggu sekali.

Tri Putra Danang Ketua Sibat Mojopanggung menyampaikan, bahwa kegiatan ini rutin dilakukan seminggu sekali untuk membantu masyarakat dalam sosialisasi kesehatan, salah satunya melakukan penyemprotan disinfektan, kegiatan tidak hanya di balai Kelurahan, akan tetapi juga menyisir perkampungan.

“Biasanya kami menyisir perkampungan, rumah ibadah,  sekolah, pondok pesantren, dan pasar, namun hari ini ada yang sedikit berbeda. Kami akan menyisir sasaran yang membutuhkan perhatian yaitu kelompok Disabilitas yang ada di Yayasan Kesejajteraan dan Pendidikan Tuna Netra (YKPTI). Jadwal hari ini setelah dari YKPTI kami juga akan melakukan promkes dan spraying di rt 05 dan 06 lingk mojoroto yang belum terjangkau,” ujar Danang.

Dengan membagi 2 kelompok yakni kelompok Spraying dan Promkes, Tim Sprayingtim sendiri mendatangi YKPTI salah satu yayasan Disabilitas yang ada di Mojopanggung,  setelah berkoordinasi dengan Pengurus Yayasan, mereka langsung melakukan penyemprotan disinfektan di setiap ruangan yang ada di yayasan tersebut,

Hal ini dilakukan, karena tidak lama lagi aktifitas belajar mengajar di Yayasan tersebut akan dengan tetap menerapkan protokol Covid 19 di era New Normal.

Sedangkan Kelompok Promkes, bertugas melakukan edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada penghuni YKPTI, mulai dari Pengurus Yayasan maupun warga disabilitas yang ada di lingkungan tesebut.

Dalam sosialisasi tersebut, Tim Promkes mengajak semua peserta untuk mempraktekkan cuci tangan yang benar, tidak hanya itu, mereka juga membagikan masker dan mengajari warga disabilitas cara menggunakan masker yang benar.

“Kami sangat senang dan bersyukur sudah didatangi oleh Sibat Mojopanggung dan PMI cabang Banyuwangi, mereka sangat peduli dan semoga hal ini menjadi inspirasi pendisiplinan new normal dalam menghadapi pandemi covid19 yang entah kapan akan berakhir, terima kasih PMI dan SIBAT yang telah peduli kepada kaum Disabilitas di yayasan kami,” ungkap Pengurus YKPTI ibu Denok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here