Hindari Konsentrasi Massa, HM. Arum Sabil Bagikan 1000 Zakat Door to Door

0
75
ari[in

JEMBER, BP – Menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, pembagian zakat semakin massif. Salah satunya dilakukan oleh HM Arum Sabil. Praktisi Pertanian Peternakan dan Perkebunan asal Tanggul Jember ini, pada tahun ini membagikan zakat malnya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini, HM. Arum Sabil membagikan zakat dengan cara door to door.

Sedikitnya ada 1000 KK dari tiga desa yang mendapatkan zakat dari pengusaha tebu ini, dan zakat berupa 5 kg beras ini dititipkan di masing-masing kepala desa, diantaranya Kepala Desa Tanggul Kulon, Kepala Desa Sidomulyo dan di Ketua RT Dusun Krajan Desa Patemon.

Pendistribusian zakat mal sendiri, melibatkan Baznas Jember dengan pengawalan ketat dari Kapolsek Tanggul, Danramil Tanggul, Unsur dari Kecamatan Tanggul dan Kepala desa serta RT/RW setempat, hingga sampai ke tangan warga yang berhak menerimanya.

Menurut Kabid Pendistribusian Baznas Kabupaten Jember Abdurahman mengatakan, untuk memudahkan sasaran (mustahik) pembagian zakat mal dari HM Arum Sabil disinergikan dengan Baznas Jember. Menurutnya penyaluran zakat mal ini sesuai dengan anjuran Baznas Pusat dan Fatwa MUI, untuk menghindari berkumpulnya mustahiq.

“Baznas itu fungsinya mengelola dana zakat, yaitu mengumpulkan dan menyalurkannya kepada yang berhak, untuk itu kami libatkan pemerintah desa hingga RT/RW agar tepat sesuai dengan kriteria penerima zakat,” ucapnya Rabu,  (20/5/2020).

Sementara itu Kapolsek dan Danramil Kecamatan Tanggul mengapresiasi kegiatan pembagian zakat mal ini, karena telah mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 dari pemerintah yaitu dengan tidak mengumpulkan massa.

“Untuk itu, Muspika Tanggul, Kepolisian, TNI dan pemerintah desa sinergi mengawal kegiatan ini hingga selesai. Dan alhamdulillah, kondusif dan lancar,” ungkap Kapolsek Tanggul AKP Sugeng Piyanto SH.

Senada dengan itu, Kepala Desa Tanggul Kulon Arifin Wahyuono mengatakan dirinya berterimkasih pendistribusian zakat mal dinilai dapat meringankan beban warganya ditengah pandemi covid-19.

“Atas nama pemerintah desa dan warga saya mengucapakan terimakasih atas kepedulian HM Arum Sabil yang telah mendistribusikan zakat malnya untuk warga kami. Semoga dicatat amal baik oleh Alloh SWT,” tuturnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here