Gandeng Pemuda Desa, PKK Dusun Melik Wujudkan Program KRPL

0
220
KRPL
Kawasan RPL yang ada di Dusun Melik Desa Parijatah Wetan

BANYUWANGI, BP – PKK Desa Parijatah Wetan Kecamatan Srono Banyuwangi, bersama dengan pemuda Dusun Melik merealisasikan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), program yang digagas sejak awal Agustus dan baru terwujud realisasinya pada Minggu (30/8/2020) ini, untuk memenuhi kebutuhan pangan warga di Dusun Melik.

“Program RPL ini merupakan inisiasi pemuda desa yang layak untuk diapresiasi, dengan adanya RPL ini, kami berharap bisa membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pangan tingkat keluarga, di kawasan RPL ini, masyarakat bisa bercocok tanam berbagai macam sayuran,” ujar Kurnadi Efendi selaku kepala Dusun Melik Desa Parijatah Wetan.

Kurnadi  mengatakan  program ini pengelolahan dan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki secara optimal, khususnya pemanfaatan lahan pekarangan untuk mewujudkan keragaman dan manfaat atau keuntungan dengan melakukan peningkatan sumber daya pangan desanya.

Kedepan, Kurnadi menjelaskan, bahwa pihaknya akan melakukan pengembangan pangan kepada masyarakat  lewat RPL , sehingga keinginan untuk menggali potensi desa  bisa terwujud, terutama dalam bidang perekonomian masyarakat khususnya

“Syukur Alhamdulillah, biarpun ini masih dalam tahapan dan baru berjalan 10 persen, namun ini langkah awal desa kami, dan kami akan terus melakukan pembenahan pembenahan, terutama mengenai luas lahan,” beber Kurnadi.

Selain menyiapkan lahan untuk tanaman sayuran, pihak pemuda desa juga menyiapkan berbagai fasilitas lainnya, seperti aliran sungai yang dijadikan lahan pemancingan. “Karena ini dipinggir aliran sungai keinginan saya manfaatkan juga untuk pemancingan yang di kelola oleh karang taruna, dan mudah mudahan istansi istansi terkait, yang membantu jalanya misi dan program kami bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (Apong)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here