Bupati : 4 Penderita Covid-19 di Situbondo Sudah Bebas Dari Virus

2
847
Bupati Situbondo saat diwawancarai sejumlah wartawan (foto/heru)

SITUBONDO BP – Keterangan yang disampaikan Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Situbondo, dihadapan sejumlah wartawan mengatakan bahwa, delapan orang positif Covid-19, emapat diantaranya dinyatakan sembuh, Rabu (8/4/2020).

“Dari 8 orang yang positif terinfeksi Covid-19, empat orang diantaranya sudah terbebas dari virus Covid-19. Sejauh ini jumlah ODP di Kabupaten Situbondo, jumlahnya mencapai sebanyak 211 orang. Sedangkan jumlah PDP mencapai sebanyak 19 orang,” jelas bupati dihadapan pewarta.

Saat ditanya salah satu staf Kemenag yang terpapar Covid-19, Bupati Dadang menjelaskan bahwa, protokol kesehatan sudah diterapkan dan sudah menanyakan  sampai berapa orang dan siapa saja yang terlibat dalam rapat di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya ke instansi yang bersangkutan.

Dampak dari penyebaran wabah virus Covid-19 yang terjadi di Situbondo, lanjut bupati, janga terlalu ditakutkan secara berlebihan, memang virus ini cukup membahayakan.  Akan tetapi itu, dapat diantisipasi dengan protokoler kesehatan yang memadai, sehingga masyarakat tidak perlu takut secara berlebihan.

“Apabila masyarakat mau mengikuti protokoler kesehatan dan mematuhi anjuran pemerintah, seperti berdiam diri di rumah, mencuci tangan secara rutin dengan sabun, memakai masker saat keluar rumah, istirahat yang cukup, berolahraga di rumah dan makan makanan yang bergizi, Insya Allah akan terhindar dari penyebaran wabah Covid-19,” ujar bupati.

Selanjutnya, bupati mengatakan bahwa, ekonomi dan kesehatan harus selaras, karena pilihan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah bukan lockdown. Tapi, bagaimana caranya antara ekonomi dengan kesehatan harus seimbang.

“Supaya ekonomi tetap berlangsung hidup, maka harus selaras dengan protab kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah daerah harus kreatif menerapkan kebijakan gerakan menggunakan masker saat keluar rumah,” jelas Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Situbondo.

Lebih lanjut Bupati Dadang mengatakan, penyebaran wabah Covid-19 yang terjadi di wilayah Kabupaten Situbondo, sebenarnya hanya satu klaster. Yakni kasus inpor bukan transmisi lokal. “Alhamdulillah, tidak ada transmisi lokal pada penularan wabah Covid-19, jika ada transmisi lokal terjadi, maka mengarah pada gawat,” tegasnya. her

2 KOMENTAR

  1. Kok bisa data berbeda ? Data gugus tugas covid_19 pemkab Situbondo dari 8 yg positif hanya ada 3 yg melakukan isolasi mandiri dan selebihnya rawat inap . Dan data itu sdh sama dg data milik pemprov Jatim . Lah berita ini kok sdh ada yg mengkonfirmasi sembuh ?? Berita ini informasinya valid nggak yaa ??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here