Berikan Dukungan Moril Napi Program Asimilasi, Wabup : Jangan Masuk Lapas Lagi

0
15

JEMBER, BP – Program asimilasi terus dijalankan oleh Lapas Kelas IIA Jember. Seiring itu, Pemkab Jember konsisten memberikan dukungan kepada para narapidana yang mendapatkan pembebasan melalui program pemerintah pusat itu.

Seperti sebelumnya, Pemkab Jember memberikan bantuan berupa sembako dan uang saku. Juga memberikan edukasi kepada peserta asimilasi. Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, kembali berkesempatan melepas kepulangan mereka dan memberikan edukasi .

“Kalian semua harus betul-betul berhati-hati di rumah. Jangan sampai melakukan hal hal yang berkaitan dengan jeratan hukum lagi,” pesan wabup Jum’at (4/9/2020)

“Jika ada yang melakukan tindakan kriminal lagi, akan mendapat perlakuan khusus dan sangat ketat di lapas. Ini sesuai peraturan yang ada,” imbuhnya.

Selain mendapat bantuan, para napi peserta program asimilasi mendapatkan fasilitas kendaraan dari Pemkab Jember untuk pulang ke rumah masing-masing.

Lebih jauh wabup menjelaskan, narapidana itu dibebaskan lebih awal atas hak asimilasi sesuai peraturan yang berlaku saat wabah virus korona.

“Kalian semua adalah keluarga saya. Jadi tolong berhati-hati. Jadikan apa yang sudah terjadi sebelumnya sebagai pembelajaran yang berharga,” kata wabup.

Di lapas, masih kata wabup, sangat tidak enak. Bukan hanya tempat dan harus berdesak-desakan. Tetapi, hati dan psikologis merasa tersiksa karena harus berpisah dengan keluarga. “Semua juga akan merasa sedih,” urainya.

“Maka, sebaik-baiknya orang berbuat salah itu adalah orang yang menyadari dan tidak mengulang kembali kesalahan,” tutur wabup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here