Anda Belum Terima Bantuan Covid-19? Pemkab Jember Siapkan Laman Pendaftaran Online

3
5377
infokom
tamp;ilan Radar Bansos

JEMBER, BP – Banyaknya warga tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari Pemerintah sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI, Pemkab Jember telah menyiapkan laman yang diberi nama Radar Bansos yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember, di https://sites.google.com/jemberkab.go.id/dtks2020.  Laman ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dan mengetahui informasi seputar bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah.

Menurut Rudi B. Prakoso, Kepala Bidang Pengembangan Smart City, Dinas Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Jember, Radar Radar Bansos Kabupaten Jember ini merupakan platform yang menyediakan informasi tentang bantuan sosial yang diberikan pemerintah pusat melalui Kemensos RI, Pemerintah Provinsi Jatim, dan Pemerintah Kabupaten Jember.

“Masyarakat bisa mengakses nama-nama penerima bantuan sesuai yang tercatat di DTKS Kemensos di Radar Bansos ini, karena disini terdapat data penerima bantuan dari pemerintah pusat yang dikeluarkan Kemensos sesuai Peraturan Menteri Sosial Nomor 5 tahun 2019 tentang pengelolaan DTKS,” ujar Rudi.

Dengan adanya laman ini, dijelaskan Rudi, pemerintah desa dan masyarakat dapat mengunduh atau download, mengecek, dan mencetak DTKS 2020 sendiri sesuai kecamatan dan desanya masing-masing.

Selain bantuan dari pemerintah pusat, pada laman tersebut terdapat penjelasan mengenai bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jember yang berasal dari APBD Kabupaten Jember. Bantuan ini diberikan kepada kelompok masyarakat diantaranya lansia, cacat berat, duafa, nelayan, buruh tani, tenaga kerja (PHK), PKL, GTT, guru ngaji, insan transportasi, kader Posyandu, tukang jagal, dan takmir masjid.

“Tetapi data penerima masih dalam proses pemetaan dan masih akan terus diperbarui (update) sesuai data penerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jember nanti,” terangnya.

Kemudian, di dalam laman itu juga terdapat form pendaftaran yang bisa diakses untuk masyarakat Jember yang perlu mendapat bantuan. Seperti masyarakat yang terdampak Covid-19 maupun masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Di laman sudah tercantum persyaratan pengajuan bantuan.

“Tentu pengajuan ini akan melalui proses verifikasi dan validasi data oleh Dinas Sosial Kabupaten Jember,” jelas Rudi.

Tidak hanya form pendaftaran, di laman tersebut ada form pengaduan yang dapat diakses masyarakat, “Misalnya, memberitahukan siapa saja masyarakat yang dirasa sudah mampu dan tidak berhak mendapatkan bantuan sosial,” pungkasnya.

Terpisah, Bupati Jember, dr. Faida, MMR., menyambut gembira kehadiran platform Radar Bansos Kabupaten Jember itu. Bupati pun mengajak masyarakat Jember untuk berpartisipasi dengan menyampaikan pelaporan data atau pengajuan data warga yang layak untuk mendapatkan bantuan.

“Semakin tinggi partisipasi masyarakat akan membuat data kemiskinan menjadi terbarukan. Tentu, dengan proses verifikasi dan validasi, pelaporan maupun pengajuan oleh warga bisa bermanfaat untuk pembangunan di Jember,” pungkasnya. (*)

3 KOMENTAR

  1. Nama. Solehan
    Pek. Sopir panggilan
    Almt. Jln Mangunsarkoro Gg swadaya ll no 51 krajan Rambipuji
    HP 085236074545
    Sudah 3bulan sejak adanya Covid19 Stayhome dan tdk ada pemasukan sdh lapor RT & RW tdk ada tanggapan bagaimana ini dan ternyata RT sendiri dpt bantuan dan rumahnya ada tulisan rumah miskin sekarang tulisannya ditutupi kertas agar tdk kelihatan ….munafik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here